Sabtu, 01 Juni 2019

Profil

R. Andika Putra Dwijayanto. Seorang muslim, ayah dan suami, serta nuclear engineer. Dalam urutan tersebut.

Saya menyelesaikan studi di Program Studi Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada, lulus tahun 2016. Tahun 2017 bekerja di PT Energi Sterila Higiena sebagai assistant researcher, melakukan riset tentang sistem perisai biologis untuk Thorium Aqueous Homogeneous Reactor-Molybdenum Processing System (TAHR-MOPS) serta perancangan Alphavoltaic Battery. Saya bergabung dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) pada tahun 2018, tepatnya di Pusat Teknologi Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN) sebagai Peneliti. Fokus riset saat itu adalah teknologi keselamatan reaktor, walau kadang masih menyentuh fisika reaktor juga. Per 2021, BATAN dibubarkan dilebur ke dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan secara otomatis saya bergabung ke dalamnya. Sejak di BRIN, saya kembali ke habitat asli: fisika reaktor. Selain itu, per Januari 2023 saya telah menyelesaikan studi S2 di Magister Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada.

Blog ini untuk menampung unek-unek saya tentang berbagai hal. Bisa soal nuklir, energi, sains, Islam, atau whatever random stuff I thought. Sekadar peringatan, saya biasa menulis dengan gaya bahasa pedas. Jadi jangan terkejut kalau tulisan saya menyerang individu atau kelompok atau ide tertentu tanpa sugarcoating. Don't say I didn't warn you

Sebagai seorang Peneliti, saya punya kewajiban untuk melakukan litbangjirap dan publikasi di jurnal maupun prosiding. Publikasi ilmiah saya bisa dilihat di sini. Selain publikasi ilmiah, saya juga menulis buklet yang membahas tentang nuklir dan energi. Bagi yang tertarik, silakan cek di siniSaya pernah publikasi novel dan antologi juga, tapi sepertinya dua hal itu bukan sesuatu yang penting. Jadi abaikan saja.

Apa lagi? Sementara itu saja dulu. Saya sering kehabisan ide ketika mengisi kolom profil, jadi ya sudahlah.

Kontak: a_dwijayanto@outlook.com (pribadi), rand002@brin.go.id (resmi)

0 komentar:

Posting Komentar